Nurul Hasanah (2024) TUGAS POKOK DAN FUNGSI OPERATOR SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SISTEM DAPODIK DI SD NEGERI RAJAWALI KOTA MAKASSAR.
Text
ARTIKEL NURUL HASANAH 1943041025.pdf Download (242kB) |
Abstract
Nurul Hasanah, 2024. Tugas Pokok dan Fungsi Operator Sekolah dalam Pengelolaan Sistem Dapodik di SD Negeri Rajawali Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Muhammad Ardiansyah, S.IP., M.Pd. dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Tugas Pokok dan Fungsi Operator Sekolah dalam Pengelolaan Sistem Dapodik di SD Negeri Rajawali Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan tugas pokok dan fungsi operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik di SD Negeri Rajawali Kota Makassar, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik di SD Negeri Rajawali Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan tugas pokok dan fungsi operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik di SD Negeri Rajawali Kota Makassar, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik di SD Negeri Rajawali Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik di SD Negeri Rajawali Kota Makassar adalah program pelayanan telah terlaksana, seperti mengisi buku kegiatan harian, melakukan entri data siswa, melakukan pencermatan untuk input data yang berhubungan dengan tunjangan sertifikasi, melakukan cek data GTK verifikasi data di laman (website), melakukan entri data GTK, melakukan entri data yang bersumber dari F-SEK.F.PD dan FGTK, melakukan input data sesuai dengan formulir yang diisi, membuat program kerja, membuat formulir isian untuk siswa, dan membuat laporan. Sedangkan program pelayanan yang belum optimal, seperti mengisi buku kegiatan harian, melakukan entri data siswa, dan melakukan entri data GTK, 2) Faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi operator sekolah dalam pengelolaan sistem Dapodik di SD Negeri Rajawali Kota Makassar adalah faktor pendukung yaitu fasilitas yang memadai dan kemampuan yang dimiliki oleh operator sekolah serta dukungan dari pihak-pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu lambatnya respons dari orang tua siswa atau guru dan kurangnya jumlah tenaga operator sekolah yang mendukung kelancaran tugas pengolahan data Dapodik. Kata kunci: tupoksi, operator, dapodik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 00:55 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 00:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36096 |
Actions (login required)
View Item |