Putri Widya Astut (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI MTS ASSALAM TAKALAR.
Text
Jurnal-Pendas_Putri Widya Astuti dkk.pdf Download (376kB) |
Abstract
Putri Widya Astuti, 2024, Pengembangan Panduan Praktikum Pada Mata Pelajaran Informatika di Mts Assalam Takalar. Dibimbing oleh Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos.,M.Si, dan Merrisa Monoarfa, S.Pd.,M.Pd, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Pembelajaran praktikum menjadi penting dalam mengasah keterampilan peserta didik, namun seringkali kekurangan panduan praktikum yang terstruktur dalam proses pembelajaran metode praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan buku panduan praktikum pada mata pelajaran informatika, Mendesain buku panduan praktikum pada mata pelajaran informatika kelas VII MTs Assalam yang valid, dan Untuk mengetahui validitas dan kepraktisan buku panduan praktikum pada mata pelajaran informatika kelas VII MTs Assalam. Penilitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas VII di MTs Assalam Takalar,serta 1 orang guru mata pelajaran informatika dikelas VII MTs Assalam Takalar. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik pengujian alpha dan pengujian beta. Angket pengujian alpha yang divalidasi oleh 2 orang validator yaitu validator ahli isi/materi dan validator ahli media, serta angket uji coba beta oleh calon pengguna dalam hal ini siswa kelas VII berjumlah 25 orang. Desain panduan praktikum dirancang menggunakan aplikasi Canva yang dieksport kedalam bentuk soft file PDF. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) analisis kebutuhan berada pada tingkatan dibutuhkan dengan persentase 85%; (2) produk yang dikembangkan merupakan panduan praktikum pengenalan Software Microsoft pada mata pelajaran informatika kelas VII; (3) kelayakan produk berdasarkan uji alpha hasil validasi ahli isi/materi dengan persentase 97%, serta uji alpha hasil validasi ahli media memperoleh persentase 94%. uji coba alpha yang dilakukan oleh siswa memperoleh hasil 85%. uji coba beta meperoleh hasil persentase 93% panduan praktikum dapat digunakan dan tidak perlu direvisi, dan tanggapan guru mata pelajaran dengan hasil berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 100%. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa buku panduan praktikum mata pelajaran Informatika dapat digunakan oleh pengguna. Kata Kunci: Pengembangan, Praktikum, Microsoft Office
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:13 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36074 |
Actions (login required)
View Item |