Dewa Saputra (2024) AYANAN KEMAHASISWAAN DI JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN FIP UNM.
Text
JURNAL DEWA SAPUTRA.pdf Download (187kB) |
Abstract
Dewa Saputra, 2024. Layanan Kemahsiswaan di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM. Skripsi dibimbing oleh Sumarlin Mus. S.Pd,M.Pd dan Dr. Hasan. S.Pd.I.,M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Layanan Kemahasiswaan di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM. Penelitian ini berfokus pada Bagaimana Layanan Kemahasiswaan dalam pembinaan Soft Skill dan Minat dan Bakat mahasiswa di jurusan Administrasi Pendidikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bentuk Layanan,Pelaksanaan Layanan, dan Hasil layanan dalam Pembinaan Soft skill dan Minat Bakat mahasiswa yang berada di dalam Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNM. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada Penelitian ini adalah Wakil Dekan III Bidang kemahasiswaan, Ketua HIMAAP periode 2023-2024 dan Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan survei. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, paparan data, dan kesimpulan akhir. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan Kemahasiswaan mengacu pada aturan keputusan Rektor Universitas Negeri Makassar Nomor:1406/UN36/KM/2017 Tentang Peraturan Kemahasiswaan Universitas Negeri Makassar. 1) Layanan Pembinaan Soft Skill meliputi : Bentuk layanan Pembinaan Soft Skill terdiri dari beberapa kegiatan seperti LDKM, Talkshow, pementasan, pelatihan public speaking dan beberapa agenda lainnya seperti kajian atau diskusi. Dalam pelaksanaan layanan Pembinaan Soft Skill mahasiswa terdapat pembentukan kepanitiaan di setiap program yang ingin dijalankan dan membuka pendaftaran dengan membagikan kusioner kepada mahasiswa agar mengetahui bagaimana keterlibatan mahasiswa. Adapun hasil dari Layanan Pembinaan Soft Skill terdapat mahasiswa yang mengikuti sudah mampu berkomunikasi yang baik, manajemen waktu, kepemimpinan, dan kepercayaan diri mahasiswa meningkat. 2) Layanan Minat dan Bakat meliputi : Bentuk Layanan Minat dan Bakat terdiri dari POPSI AP (Pekan Olahraga dan Pentas Seni),Training pemikat (Trilearning Pengembangan Minat dan Bakat itu di bungkus dalam bentuk program kerja dan adapun beberapa agendanya yakni Sport Weekend dan Art Training yang merupakan atas dasar aspirasi dari mahasiswa. Dalam pelaksanaan Layanan Minat dan Bakat menyebarkan kusioner untuk mengidentifikasi aspirasi Minat dan Bakat mahasiswa kemudian dijalankanlah kegiatan berdasarkan Minat dan Bakat Mahasiwa. Adapun hasil layanan Minat dan Bakat pernah menjuarai salah satu event futsal yang merupakan hasil dari latihan yang sering dilakukan. Kata kunci: Layanan Kemahasiswaan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 03:36 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 03:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36072 |
Actions (login required)
View Item |