SARMIANI (2024) ANALISIS PENYELENGGARAAN PROGRAM PARENTING DI TK MAMAMPANG KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
Artikel Jurnal Ani.pdf Download (285kB) |
Abstract
SARMIANI, 2024, Analisis Penyelenggaraan Program Parenting di TK Mamampang Kabupaten Bulukumba. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Kartini Marzuki dan Muhaemin B) Penelitian ini menganalisis tentang penyelenggaraan program parenting di TK Mamampang Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan program parenting di TK Mamampang Kabupaten Bulukumba, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penyelenggaraan program parenting tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnometodologi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru kelas A, Guru kelas B, Orangtua siswa kelas A, dan Orangtua siswa kelas B. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari program kelas pertemuan orangtua yaitu orangtua mendapatkan pemahaman yang baik tentang perkembangan anak mereka di sekolah dan menambah pengetahuan orangtua mengenai pengasuhan, sementara keterlibatan orangtua dalam acara bersama yaitu pihak sekolah merencanakan kegiatan seperti kegiatan rekreasi diluar sekolah yang kemudian mengkomunikasikan kepada orangtua secara langsung atau pesan teks melalui aplikasi whatsapp. Hasil dari program keterlibatan orangtua dalam acara bersama yaitu terjalinnya silaturahmi dan komunikasi yang baik antara pihak sekolah, orangtua dan peserta didik. Dengan demikian, kedua proses ini memberikan kesempatan bagi orangtua untuk mendapatkan pengetahuan, dukungan, dan keterlibatan yang diperlukan untuk mendukung perkembangan anak-anak mereka secara holistik. Faktor pendukung dalam penyelenggaraan program parenting di TK Mamampang berupa sarana dan prasana yang digunakan dan komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya berupa perubahan budaya dan nilai nilai masyarakat yang kurang paham mengenai pentingnya program parenting bagi orangtua untuk meningkatkan kualitas pengasuhan anak, selain itu partisipasi orangtua juga menjadi salah satu faktor penghambat dalam penyelenggaraan program parenting di TK Mamampang yang disebabkan oleh tingkat kesibukan dan tuntutan pekerjaan orangtua. Kata Kunci: Penyelenggaraan, Parenting
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 02:53 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 02:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36067 |
Actions (login required)
View Item |