PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

RAHMAH RAMADHANA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DI PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Hasil Artikel Rahmah Ramadhana 237-250.pdf

Download (491kB)

Abstract

RAHMAH RAMADHANA, 2023, Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis Komputer di Prodi Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap bidang pendidikan sehingga dibutuhkan pendidikan yang bisa membentuk generasi kreatif, inovatif dan juga kompetitif salah satunya dengan mengoptimalisasi penggunaan teknologi sebagai alat untuk membantu dalam pendidikan. Penelitian bertujuan untuk 1) mengetahui tingkat kebutuhan multimedia interaktif, 2) mendesain multimedia interaktif, 3) mengetahui tingkat validitas dan tingkat kepraktisan multimedia interaktif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menghasilkan sebuah produk. Model pengembangan produk yang digunakan yaitu Model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carrey terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 2 orang validator ahli terdiri dari ahli materi/isi dan ahli media, mahasiswa teknologi pendidikan berjumlah 32 orang, dan 1 dosen mata kuliah pembelajaran berbasis komputer. Pengumpulan data menggunakan angket kuesioner serta dokumentasi pendukung. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) identifikasi kebutuhan mahasiswa terhadap multimedia interaktif berada pada kategori sangat dibutuhkan dan setuju dilakukan pengembangan. 2) Produk multimedia interaktif mata kuliah PBK yang dihasilkan berupa aplikasi dan link yang memuat tujuan, materi pembelajaran, video pembelajaran, dan soal latihan. 3) Hasil validasi yang diperoleh dari validator ahli materi dan ahli media berada pada kualifikasi sangat valid dan dinyatakan tidak perlu direvisi. Pada tahap uji coba perorangan hasil yang diperoleh berada pada kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil hasil yang diperoleh berada pada kualifikasi baik dan mahasiswa menyukai penggunaan multimedia interaktif untuk mendukung pembelajaran mandiri, serta tanggapan dosen mata kuliah menunjukkan bahwa multimedia interaktif sangat baik dan praktis digunakan, Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif yang dikembangkan oleh peneliti valid dan layak digunakan dalam proses perkuliahan pembelajaran berbasis komputer. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Pembelajaran Berbasis Komputer

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:34
Last Modified: 13 Sep 2024 02:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36064

Actions (login required)

View Item View Item