NURANNISA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS XI MULTIMEDIA DI SMKN 3 BONE.
Text
Artikel Nurannisa.pdf Download (296kB) |
Abstract
NURANNISA, 2024. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Multimedia Di SMKN 3 BONE. Skripsi Ini Dibimbing Oleh Dr. H. Abd. Haling M.Pd Dan Dr. Pattaufi S.Pd, M.Si, Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Tujuan dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan media pembelajaran animasi sparkol videoscribe dalam mata pelajaran produktif (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran animasi sparkol videoscribe (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi sparkol videoscribe terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian pre-experimental design. Populasi dalam skrispi ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 3 Bone yang berjumlah 30 siswa, terdiri atas 5 siswa berjenis kelamin laki-laki dan 25 siswa yang berjenis kelamin perempuan. Karena populasi penelitian ini relatif kecil dan dapat dijangkau, maka peneliti menentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi dalam penelitian ini. Hasil analisis data terdiri dari hasil analisis data aktivitas keterlaksanaan guru dan hasil analisis data aktivitas siswa. tes terdiri dari pretest yang diberikan sebelum diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran animasi sparkol videoscribe dan posttest setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran animasi sparkol videoscribe. Analisis data menggunakan analisis statisik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) penggunaan media pembelajaran animasi sparkol videoscribe yaitu guru menggunakan media pembelajaran animasi sparkol videoscribe memutarkan sebuah video didalam menyampaikan materi. Dengan menggunakan media pembelajaran animasi sparkol videoscribe, respon siswa pun menunjukkan hasil yang berbeda. Kali ini dapat terlihat bahwa siswa lebih memperhatikan dan semangat lagi dalam belajar.(2) Hasil belajar pada mata pelajaran produktif siswa sebelum menggunakan media pembelajaran (pretest) dengan nilai rata-rata 55% dengan sesudah menggunakan video pembelajaran (posttest) ini tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 81,3% dari hasil belajar pada mata pelajaran produktif siswa kelas XI Multimedia semakin meningkat(3) Ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran animasi sparkol videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif kelas XI multimedia di SMKN 3 BONE, dinyatakan di terima. Kata kunci : Sparkol Videoscribe, Mata Pelajaran Produktif, Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 01:51 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 01:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36062 |
Actions (login required)
View Item |