PERANAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD NEGERI BIRING BALANG KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Siti Walidah Marzuki (2024) PERANAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI UNTUK MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD NEGERI BIRING BALANG KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Atikel Siti Walidah Marzuki.pdf

Download (401kB)

Abstract

Siti Walidah Marzuki, 2024. Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Teknologi Untuk Membangun Pendidikan Karakter Siswa SD Negeri Biring Balang Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing Oleh Hotimah dan Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menggunakan media teknologi untuk membangun karakter siswa, mendeskripsikan karakter siswa, serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penggunaan media teknologi untuk membangun karakter siswa SD Negeri Biring Balang Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas rendah II, III dan guru kelas tinggi IV,V,VI yang menggunakan media teknologi di SD Negeri Biring Balang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah upaya guru dalam penggunaan media teknologi untuk membangun karakter siswa dengan adanya pengembangan diri yang dilakukan yaitu mengikuti pelatihan komunitas kerja guru, pelatihan mandiri, dan webinar. Karakter siswa di SD Negeri Biring Balang diperkuat dengan penerapan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran oleh guru, serta diberikan ruang untuk mengembangkan kreativitasnya dalam menyampaikan ide secara efektif. Selain itu, kolaborasi siswa terbentuk dalam hal ini dikarenakan dorongan dan umpan balik yang diberikan di setiap proses pembelajaran. Faktor pendukung dalam penggunaan media teknologi untuk membangun karakter siswa yaitu adanya pelatihan seperti komunitas kerja guru, webinar dan sarana yang terpenuhi di sekolah. Faktor penghambat dalam penggunaan media untuk membangun karakter siswa yaitu kurangnya media teknologi yang diketahui dan sesuai dalam meningkatkan karakter siswa. Kata kunci: Peranan guru, Media teknologi, Karakter Siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Sep 2024 01:43
Last Modified: 13 Sep 2024 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36061

Actions (login required)

View Item View Item