STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 3 BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

Nurul Anggraeni (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 3 BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
TEMPLATE HUMAS JOURNAL NURUL ANGGRAENI.pdf

Download (331kB)

Abstract

Nurul Anggraeni, 2024. Studi Tentang Strategi Kepala Sekolah Dalam Membina Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 3 Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi, dibimbing oleh Dr. Muh. Ardiansyah, S.IP.M.Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd. Jurusan Admnistrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Strategi Kepala Sekolah dalam Membina Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 3 Bontonompo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Strategi Kepala Sekolah dalam Membina Kedisiplinan Siswa serta apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat yang mempengaruhi Stategi tersebut. Pendekatan penelitian ini dalam kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analis data data yang digunakan menurut Milles dan Huberman. Pengecekan dan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi kepala sekolah di SMP Negeri 3 Bontonompo dalam membina kedisiplinan siswa sudah berjalan dengan baik. Adapun beberapa strategi yang kepala sekolah lakukan dalam membina kedisiplinan siswa yaitu. a) Menegakkan aturan yang jelas secara konsisten dan menyeluruh yang ditandai dengan beberapa aturan jelas ditempel diruang kelas dan memahami apa saja yang dilarang di sekolah. b) Memberikan keteladanan dan berperilaku positif di sekolah seperti datang tepat waktu, berpakaian rapi ketika masuk mengajar, dan Melakukan penjemputan dan bersalaman dengan siswa dipagi hari. c) Tersedianya penyediaan layanan konseling yang dilakukan BK dalam membina karakter disiplin siswa seperti adanya bimbingan lansung kesiswa yang melanggar dan kunjungan home visit. d) Pemberian penghargaan dan reward ke siswa yang berprestasi, siswa teladan, dan siswa terinspirasi pada saat upacara bendera. e) Program Paguyuban Orangtua siswa dan keterlibatan binmas dalam membina kedisiplinan siswa seperti melakukan pendekatan perspentif. Contohnya penyuluhan keamanan dan ketertiban masyarakat dikegiatan ekstrakurikuler dan pemberian arahan binmas dalam proses upacara bendera tentang ketertiban bermasyarakat. Untuk strategi kepala sekolah dalam membina kedisiplinan yang berkaitan keterlibatan peran serta orang tua belum maksimal. SMP Negeri 3 Bontonompo didukung oleh adanya konsistensi yang kuat terhadap aturan yang ada serta gaya kepemimpinan yang kuat dari kepala sekolah. Adapun Faktor penghambatnya ialah, perubahan lingkungan yang kuat karna siswa berasal dari backround keluarga yang berbeda. Kata Kunci: Strategi, Kepala sekolah, kedisiplinan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:17
Last Modified: 12 Sep 2024 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36058

Actions (login required)

View Item View Item