PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SD INPRES KASSI-KASSI 1 KOTA MAKASSAR

Merci Erdiani (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SD INPRES KASSI-KASSI 1 KOTA MAKASSAR. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SD INPRES KASSI-KASSI 1 KOTA MAKASSAR. ISSN 2477-2143

[img] Text
14255-Article Text-62625-1-10-20240606.pdf

Download (173kB)

Abstract

Merci Erdiani, 2024. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatlkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Nurfaizah dan Latri ). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IVB SD Inpres Kassi-Kassi 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IVB SD Inpres Kassi-Kassi I Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Focus penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa kelas IVB dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dan model pembelajaran problem based learning. Subjek penelitian ini siswa kelas IVB SD Inpres KassiKassi I kota Makassar pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data observasi dan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tejadi peningkatan yang signifikan di setiap siklusnya. Hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa siklus I dengan kategori rendah mengalami peningkatan di siklus II dengan kategori tinggi. Begitupun dengan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran guru di siklus I pertemuan I dan II dengan kategori cukup mengalamai peningkatan pada siklus II pertemuan I dan II dengan kategori baik. Jadi, berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IVB SD Inpres KassiKassi I Kota Makassar. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:40
Last Modified: 12 Sep 2024 06:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36053

Actions (login required)

View Item View Item