PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR

Nur Aida (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
EESEAJ AIDA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Nur Aida, 2024. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Scramble Terhdap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Yusnadi). Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui gambaran penerapan metode pembelajaran Scramble kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran kemampuan membaca pemahaman kelas V SD Inpres KassiKassi Kota Makassar, dan (3) mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasy Eksperimental tipe Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi, sampelnya 22 siswa kelas VB dan 21 siswa kelas VA yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan metode pembelajaran Scramble berjalan dengan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menerapkan metode pembelajaran Scramble berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa, (3) terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Scramble, Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:33
Last Modified: 12 Sep 2024 06:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36051

Actions (login required)

View Item View Item