Nur Aida (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR.
Text
EESEAJ AIDA.pdf Download (266kB) |
Abstract
Nur Aida, 2024. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Scramble Terhdap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Yusnadi). Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui gambaran penerapan metode pembelajaran Scramble kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran kemampuan membaca pemahaman kelas V SD Inpres KassiKassi Kota Makassar, dan (3) mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasy Eksperimental tipe Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi, sampelnya 22 siswa kelas VB dan 21 siswa kelas VA yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan metode pembelajaran Scramble berjalan dengan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menerapkan metode pembelajaran Scramble berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa, (3) terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Scramble, Kemampuan Membaca Pemahaman
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:33 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36051 |
Actions (login required)
View Item |