Nur Azifa (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES TIDUNG II KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
Artikel Nur Azifa.pdf Download (275kB) |
Abstract
Nur Azifa, 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Faisal dan Amir Pada) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media interaktif animasi, gambaran hasil belajar IPA siswa, dan pengaruh media interaktif animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experiment dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini. Sampel dalam penelitian ini yaitu 33 siswa kelas VA dan 29 siswa kelas VB dengan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar tes hasil belajar, lembar observasi keterlaksanaan penggunaan media interaktif animasi dan dokumentasi. Data analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan media interaktif animasi pada pertemuan pertama sebesar 78,84% dengan kategori baik dan pertemuan kedua sebesar 96,15% dengan kategori sangat baik. Hasil analisis inferensial diperoleh P = 0,001 lebih kecil dari α = 0,05 dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Didukung dengan nilai rata-rata hasil posttestsiswa pada kelas eksperimen sebesar 77,27 lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol sebesar 59,31. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan media interaktif animasi sangat baik, (2) hasil tes menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai siswa di kelas eksperimen berkategori tinggi dan nilai siswa pada kelas kontrol berkategori rendah (3) terdapat pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Kata Kunci: Media Interaktif Animasi, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:29 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36049 |
Actions (login required)
View Item |