PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI MACCINI SOMBALA

Annisafitri (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI MACCINI SOMBALA.

[img] Text
jurnal Annisafitri 1.pdf

Download (344kB)

Abstract

Annisafitri, 2024. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Maccini Sombala. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ibu Khaerunnisa dan Ibu Faidah Yusuf). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk Quasi Experiment Desain. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui gambaran penerapan model pempelajaran kooperatif tipe talking stick, gambaran keterampilan berbicara, dan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Maccini Sombala. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan berbicara siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Maccini Sombala dengan sampel berjumlah 52 siswa. teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji statistik nonparametrik yaitu uji paired sample t-Test dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 25.0. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif gambaran pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat dikatakan berlangsung secara efektif, dimana pada pertemuan pertama proses pembelajaran yang dilakukan dengan persentase 77,5% berada pada kategori efektif. Pada pertemuan kedua dengan persentase tingkat pencapaian 90% berada pada kategori sangat efektif. Sementara itu, gambaran keterampilan berbicara siswa berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa antara kelas yang diberikan perlakuan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan penerapan model kooperatif tipe talking stick berlangsung dengan sangat efektif, berlangsung sangat baik sesuai dengan langkah penerapan model, dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Maccini Sombala. Dimana pada pertemuan pertama proses pembelajaran yang dilakukan dengan persentase 77,5% berada pada kategori efektif. Pada pertemuan kedua dengan persentase tingkat pencapaian 90% berada pada kategori sangat efektif. Kata Kunci : Talking Stick, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:26
Last Modified: 12 Sep 2024 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36048

Actions (login required)

View Item View Item