MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SPNF SKB) KABUPATEN JENEPONTO

BAU IRNA (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SPNF SKB) KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Bau Irna Jurnal.pdf

Download (255kB)

Abstract

BAU IRNA, 2024. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket C di Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Kabupaten Jeneponto. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Suardi dan Muhaemin B) Studi ini mengkaji manajemen pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C di Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Kabupaten Jeneponto. Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen pembelajaran pendidikan kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran pendidikan kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Informan terdiri dari Kepala SKB, pengelola kurikulum pembelajaran, 3 tutor, dan 2 warga belajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan temuan data dalam penelitian ini adalah triangulasi dan member check. Dari hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan yaitu 1) tahapan perencanaan pembelajaran program paket C di SPNF SKB Jeneponto diawali dengan penyusunan silabus dan RPP, materi pembelajaran, metode pembelajaran, hingga media dan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran namun masih perlu dibenahi atau dikembangkan serta disesuaikan dengan kebutuhan warga belajar. 2) tahapan pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga kegiatan yang harus dilakukan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup sudah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. 3) evaluasi menggunakan evaluasi proses yang dilakukan ketika satu BAB modul telah selesai, evaluasi hasil belajar dilakukan setiap akhir semester dan instrument evaluasi yang digunakan dalam evaluasi berupa teknis tes dan nontes. Kata kunci : Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan, Paket C

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:17
Last Modified: 12 Sep 2024 06:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36044

Actions (login required)

View Item View Item