Amirah Nurul Isnun (2024) STRATEGI TUTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET B DI SPNF SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR.
Text
JOURNAL AMIRAH.pdf Download (156kB) |
Abstract
Amirah Nurul Isnun. 2024. Strategi Tutor Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Warga Belajar Paket B Di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Kartini dan Latang. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi tutor dalam meningkatkan kemandirian belajar warga belajar paket b di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian mixed methods yang memiliki jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kota Makassar yang terdiri dari 40 warga belajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dimana semua anggota populasi merupakan sampel penelitian. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer bersumber dari wawancara kepala SKB, 1 tutor, 2 warga belajar. Data sekunder bersumber dari tutor dan dokumen serta referensi dari bukubuku dan jurnal terkait dengan pembahasan untuk mendukung data yang telah didapatkan pada saat di lapangan. Data diolah dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta analisis deskriptif menggunakan SPSS. Dari Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil tingkat kemandirian tersebut diketahui bahwa responden yang memperoleh nilai persentase dengan kriteria sangat tinggi sebanyak 8 orang, sedangkan kriteria tinggi sebanyak 24 orang, dan cukup tinggi sebanyak 8 orang. 2) Strategi pembelajaran langsung pada program Paket B strategi pembelajaran yang dilakukan secara langsung di SPNF SKB Ujung Pandang sudah efektif karena dalalam pembelajaran tutor memberikan materi sesuai kebutuhan warga belajar sehingga warga belajar lebih terlibat dalam proses pembelajaran.3) Strategi pembelajaran yang dilakukan secara tidak langsung di SPNF SKB Ujung Pandang sudah efektif karena dalalam pembelajaran tutor menerapkan proses pembelajaran diskusi kelompok agar warga belajar mampu mengasah kemampuannya dengan cara berkomunikasi dan kerjasama.4) Strategi pembelajaran interaktif yaitu melalui forum interaktif warga belajar dapat bertemu langsung, saling menuangkan pendapat, mencari informasi dari buku cetak ataupun modul, serta mengamati interaksi dengan anggota lain agar meningkatkan pencapaian belajar.5) Strategi pembelajaran melalui hasil dari penelitian tersebut diketahui pengalaman di SPNF SKB Ujung Pandang sudah efektif karena tutor mengajak warga belajar juga belajar di luar ruangan agar warga belajar tidak jenuh atau bosa.6) Strategi pembelajaran mandiri dalam mengelola waktu dan mengatasi pembelajaran secara mandiri membutuhkan dukungan serta motivasi dari tutor untuk tetap konsisten dengan jadwal belajar. Kata Kunci: Strategi Tutor, Kemandirian Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36042 |
Actions (login required)
View Item |