TRY RAMADHANI SUAIDIH (2024) MANAJEMEN PELATIHAN MENJAHIT BAGI WARGA BELAJAR DI SPNF SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) UJUNG PANDANG KOTA MAKASSAR.
Text
Jurnal Artikel Try.pdf Download (228kB) |
Abstract
TRY RAMADHANI SUAIDIH, 2024. Manajemen Pelatihan Menjahit Bagi Warga Belajar di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh M. Ali Latif Amri dan Muhammad Asri) Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pelatihan menjahit di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pelatihan menjahit bagi warga belajar di SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandang Kota Makassar. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan yang memberikan layanan bagi masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana manajeman pelatihan menjahit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) perenncanaan pelatihan menjahit, 2) pelaksanaan pelatihan menjahit, dan 3) evaluasi pelatihan menjahit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari Kepala SKB, 2 tutor, dan 2 warga belajar. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan yaitu: 1) perencanaan pelatihan menjahit di SKB Ujung Pandang sudah efektif karena dalam merumuskan tujuan dan penyiapan biaya untuk pelatihan sudah sesuai dengan ketentuan Dikjen Vokasi yang dimana membuat proposal yang didalamnya sudah tercantum dengan anggaran yang akan digunakan namun masih harus ada yang perlu dibenahi dan harus dikembangkan, 2) pelaksanaan pelatihan menjahit di SKB Ujung Pandang sudah efektif karena memiliki sumber belajar salah satunya adalah tutor yang berkompeten, 3) evaluasi pelatihan menajahit dilakukan dalam bentuk memonitoring setiap proses pembelajarannya dan melalui ujian kompetensi yang lemabaga adakan, komponen yang di evaluasi yaitu warga belajar dalam mengikuti pelatihan, instrument evaluasi yang digunakan yaitu cara penyelesaian tugas yang diberikan dan dapat membuka usaha sendiri atau mandiri. Kata kunci: Manajemen, pelatihan menjahit, warga belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 06:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 06:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36040 |
Actions (login required)
View Item |