NURUL ANNISA (2024) ANALISIS KINERJA GURU NON-ASN DI UPT SMA NEGERI 2 SELAYAR.
Text
Artikel_NURUL ANNISA.pdf Download (994kB) |
Abstract
NURUL ANNISA, 2023. Analisis kinerja guru non-asn di UPT SMA Negeri 2 Selayar. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Sumarlin Mus, S.Pd, M.Pd dan Irmawati, S.Pd., M.Pd. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang analisis kinerja guru non-asn di UPT SMA Negeri 2 Selayar. Fokus penelitian ini bagaimana kinerja guru non-asn di UPT SMA Negeri 2 Selayar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru Non- Asn di UPT SMA Negeri 2 Selayar. Pendekatan penilitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru non-asn. Teknik pengumpulan data melalui tahap wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang Analisi kinerja guru non-asn di UPT SMA Negeri 2 Selayar. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa : 1) aspek perencanaan progaram kegiatan pembelajaran bahwa terdapat indikator yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, memilih dan mengembangkan bahan pembelajaran, merencanakan kegiatan belajar serta alat dan sumber belajar, merencanakan penilaian. dengan indikator diatas guru non-asn melakukan persiapan dengan matang dalam kegiatan perencanaan kegiatan pembelajaran dan dibawa bimbingan guru yang berstatus ASN sehingga setiap kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan terorganisir. Pengawas dan kepala sekolah juga sangat berperan penting dalam pengawas atau pemantauan yang di lakukan oleh guru non-asn saat pembelajaran di jalankan. 2) Aspek pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat indikator yaitu tentang pengelolahan kelas, setiap guru non-asn memiliki cara tersendiri untuk membuat kelas kondusif seperti yang dilakukan oleh salah satu guru non-asn yaitu melakukan ice breaking agar kelas tidak ribut atau riuh, kemudian guru non-asn menggunakan media pembelajaran berupa buku paket dan lCD kemudian mendapatkan sumber belajar dari buku ajar, modul, internet, makalah, dan jurnal. Sehingga terjadinya interaksi di dalam kelas dan membuat kelas menjadi aktif dan kondutif saat belajar. 3) Aspek evaluasi penilaian pembelajaran bahwa pada kegiatan evaluasi pembelajaran guru non-asn sangat berperan penting dalam menilai dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik, karna memiliki instrumen penilaian tersendiri. Kata kunci : Kinerja guru non-asn
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:47 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36039 |
Actions (login required)
View Item |