Andi Tiara Natalia Fitriansyah (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELAS INKLUSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MONTESSORI DI TK ZIVANA MONTESSORI MAKASSAR (Studi Kasus Pada 11 Anak Berkebutuhan Khusus).
Text
Artikel tiara 220-227.pdf Download (149kB) |
Abstract
Andi Tiara Natalia Fitriansyah, 2024. Implementasi Pembelajaran Kelas Inklusi Dengan Menggunakan Metode Montessori di TK Zivana Montessori Makassar (Studi Kasus Pada 11 Anak Berkebutuhan Khusus). Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Rusmayadi dan Fitriani Dzulfadhilah). Pendidikan ialah salah satu hak yang layak didapatkan oleh setiap manusia yang hidup di muka bumi ini. Untuk mewujudkan hal tersebut terciptalah pendidikan inklusi. Fokus penelitian ini adalah implementasi pembelajaran kelas inklusi dengan menggunakan metode Montessori di TK Zivana Montessori Makassar (Studi Kasus Pada 11 Anak Berkebutuhan Khusus). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping khusus dan 11 anak berkebutuhan khusus. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi Teknik dan Sumber. Teknik analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian implementasi pembelajaran kelas inklusi dengan menggunakan metode Montessori di TK Zivana Montesori Makassar berjalan dengan baik karena sekolah memiliki tahapan-tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap persiapan, sekolah melakukan asesmen awal melalui program trial class, kemudian catatan hasil observasi dari trial class akan dijadikan acuan pada saat perancangan PPI. Pada tahap pelaksanaan, di TK Zivana Montessori dalam kelas Mekar terdapat 11 anak berkebutuhan khusus, pelaksanaan pembelajarannya didampingi oleh guru kelas, wakil guru kelas dan GPK. TK Zivana Montessori menyediakan 6 area pembelajaran Montessori yang berisikan aparatus Montessori yang konkrit. Pada tahap evaluasi, sekolah ini memakai instrumen evaluasi yang valid dan ramah bagi anak regular maupun anak berkebutuhan khusus karena bersifat individual. Kata Kunci : Implementasi pembelajaran, kelas inklusi, metode Montessori
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:31 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36036 |
Actions (login required)
View Item |