PENGARUH METODE BERCERITA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI NOBEL PLAYGROUP & KINDERGARTEN

Nurjannah (2024) PENGARUH METODE BERCERITA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI NOBEL PLAYGROUP & KINDERGARTEN.

[img] Text
14660-Article Text-64204-1-10-20240613 (1).pdf

Download (216kB)

Abstract

Nurjannah 2024, Pengaruh Metode Bercerita Gambar Seri Terhadap Kemampuan Bahasa Usia 4-5 Tahun di Nobel Playgroup & Kindergarten Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Herlina dan A. Sri Wahyuni Asti) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Bercerita Gambar Seri Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 4-5 tahun di Nobel Playgroup & Kindergarten. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4- 5 tahun di Nobel Playgroup & Kindergarten. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang, 10 orang anak pada kelompok eksperimen, 10 orang anak sebagai kelompok kontrol. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji statistik deskriptif dan uji wilcoxon sign rank test. Berdasarkan hasil penelitian Uji wilcoxon sign rank test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0.005 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu ada perbedaan rata-rata tingkat kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di Nobel Playgroup & Kindergarten. Dari hasil uji statistik deskriptif dapat dibuktikan hipotesis penelitian yang telah dirumuskan jika ada perbedaan rata-rata kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun maka H0 ditolak Dan H1 diterima yaitu ada pengaruh metode bercerita gambar seri terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun di Nobel Playgroup & Kindergarten. Kata Kunci: Metode Bercerita, Gambar Seri, Kemampuan Bahasa Ekspresif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:25
Last Modified: 12 Sep 2024 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36034

Actions (login required)

View Item View Item