PENGARUH MODEL GUIDE INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK DI RA TRI PUTRI KOTA MAKASSAR

Annisa Ahmad (2024) PENGARUH MODEL GUIDE INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK DI RA TRI PUTRI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
2297-Article Text-7583-1-10-20240506-1.pdf

Download (520kB)

Abstract

Annisa Ahmad, 2023. Skripsi Pengaruh Model guide inguiry learning Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak di RA Tri Putri Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syamsuardi dan Azizah) Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui gambaran kemampuan kerja sama anak usia dini sebelum di berikan model pembelajaran guided inquiry learnin.(2) Mengetahui gambaran kemampuan kerja sama setelah perlakuan model belajar guide inquiry learning anak usia dini. (3) Mengatahui pengaruh model belajar guided inquiry learning dalam menigkatkan keterampilan kerjasama anak usia dini di RA Tri Putri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakanteknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 anak, 15 anak RA Tri Putri Makassar sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak TK Tri Putri Makassar sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji prasyarat dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian uji independent sample t-test, diperoleh nilai Equal variances assumed Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang kurang dari nilai alpa 0,05, berarti h0 ditolak dan ha diterima. yaitu ada perbedaan rata-rata kemampuan kerjasama anak di RA Tri Putri makassar dan TK Tri Putri Makassar. Dari hasil analisis independent sample t-test dapat dibuktikan hipotesis penelitian yang telah dirumuskan yaitu jika ada perbedaan rata-rata kemampuan kerjasama anak di RA Tri Putri Makassar dan TK Tri Putri makassar maka h0 ditolak dan h1 diterima yaitu ada pengaruh media guide inguiry learning terhadap kemampuan kerjasama anak di RA Tri Putri makassar. Kata Kunci : Model guide inguiry learning, kemampuan kerjasama ana

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:23
Last Modified: 12 Sep 2024 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36033

Actions (login required)

View Item View Item