PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGASI (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn SDN 17 TARAWEANG KABUPATEN PANGKEP

Nurul Istiqamah (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGASI (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn SDN 17 TARAWEANG KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
Jurnal Nurul Istiqamah.pdf

Download (600kB)

Abstract

Nurul Istiqamah, 2024. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Grup Investigasi (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PKn SDN 17 Taraweang Kabupaten Pangkep. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurfaizah dan Muhammad Faisal) Masih banyak siswa yang cenderung tidak berpikir kreatif dikarenakan mereka menganggap hanya ada satu jawaban yang benar. Penelitian ini bertujuan yaitu: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Grup Investigasi (GI) pada mata pelajaran PKn, (2) mengetahui gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Grup Investigasi (GI) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 17 Taraweang Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental tipe Non-Equivalent Kontrol Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas tinggi SDN 17 Taraweang, sampelnya siswa kelas IV dengan 22 siswa kelas IVA dan 20 siswa kelas IVB yang dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan model pembelajaran Grup Investigasi (GI) berjalan dengan baik. hasil analisis statistik inferensial menggunakan Independent sampel t-Test diperoleh nilai thitung = 2.230 > ttabel = 2.020 dengan taraf signifikansi α = 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Grup Investigasi (GI) berlangsung sangat baik, (2) hasil tes menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Grup Investigasi (GI) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn SDN 17 Taraweang Kabupaten Pangkep. Kata Kunci: Model Grup Investigasi (GI), Kemampuan Berpikir kreatif

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:01
Last Modified: 12 Sep 2024 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36026

Actions (login required)

View Item View Item