TENRI MUHRAINA (2024) KOMPETENSI TEKNIS TENAGA ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN DI SMA NEGERI 9 GOWA.
Text
JURNAL.pdf Download (317kB) |
Abstract
TENRI MUHRAINA. 2024. Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Kepegawaian Di SMA Negeri 9 Gowa . Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd dan Ibu Dr. Wahira, M.Pd Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Kepegawaian di SMA Negeri 9 Gowa. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kompetensi teknis tenaga administrasi kepegawaian di SMA Negeri 9 Gowa dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kompetensi teknis tenaga administrasi kepegawaian di SMA Negeri 9 Gowa. Pendekatan penelitian ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles dan Huberaman. Pengecekan dan pengabsahan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdiri dari 4 Indikator kompetensi teknis tenaga administrasi kepegawaian di SMA Negeri 9 Gowa: 1) Memahami pokok-pokok peraturan kepegawaian dari pihak sekolah telah memberikan kewajiban dan tanggung jawab kepada bagian TU guna menjaga kelancaran operasional pegawai di sekolah. Selain itu, tenaga administrasi sekolah juga sudah mematuhi kode etik professional yang telah ditetapkan guna menjaga integritas dalam menjalankan tugas. 2) Membantu melaksanakan prosedur dan mekanisme kepegawaian dalam hal promosi dilakukan secara bervariasi yang melibatkan kepala sekolah beserta staff administrasi sedangkan dalam hal mutasi yang dilakukan di sekolah sejauh ini sudah berjalan dengan efisien dan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Selain itu, pihak sekolah melakukan proses rekrutmen yang melibatkan dari berbagai pihak untuk bekerja sama agar menghasilkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai sekolah. 3) Membantu merencanakan kebutuhan pegawai yakni pihak sekolah telah memantau inventaris di sekolah baik penggunaan dan pemakaian inventaris,perencanaan kebutuhan inventaris bagi pegawai, Serta melakukan pengawasan sarana dan prasarana di sekolah. Selain itu pelaksanaan diklat hanya di adakan oleh dari provinsi. 4) Menilai kinerja staff pihak sekolah melibatkan penilaian yang disesuaikan dengan target dan hasil akhir penilaian kinerja dapat bervariasi tergantung pada kebijakan dan standar evaluasi yang ditetapkan oleh sekolah. Adapun faktor pendukung yakni sarana dan prasarana yang memadai dan menunjang, perkembangan IT yang modern dan semakin canggih. Ada juga faktor penghambat ialah kurangnya pelatihan yang di adakan oleh pihak sekolah bagi para staff. Solusi dalam mengatasi hambatan tersebut adalah pihak sekolah selalu memberikan motivasi kepada tenaga administrasi serta mengupayakan pelaksanaan diklat untuk meningkatkan kompetensi pegawai. Kata Kunci : Kompetensi Teknis, Tenaga Administrasi Kepegawaian
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:53 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36025 |
Actions (login required)
View Item |