PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC,AUDITORY, VISUAL AND INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS FASE B SD INPRES BORONG KOTA MAKASSAR

Sultrisnawati (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC,AUDITORY, VISUAL AND INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS FASE B SD INPRES BORONG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Sultrisnawati-1.pdf

Download (381kB)

Abstract

Sultrisnawati, 2024. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPAS Fase B SD Inpres Borong Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah dan Muhammad Irfan) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual and Intellectaual (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS di SD Inpres Borong Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental tipe Non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV sebanyak 31 orang kelas IVa dan 31 orang kelas IVb dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistic inferensial dengan bantuan IMB SPSS Statistics version 29. Hasil analisis deskriptif menujukkan penerapan model Somatic, Auditory, Visual and Intellectaual (SAVI) berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial menggunakan Independent Sampel t-Tes diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel sehingga hipotesis Ha diterima dan HO ditolak. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual and Intellectaual (SAVI) berjalan dengan sangat baik. (2) hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS dengan penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) menujukkan adanya peningkatan. (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS siswa Fase B SD Inpres Borong Kota Makassar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual and Intellectual (SAVI), kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:52
Last Modified: 12 Sep 2024 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36024

Actions (login required)

View Item View Item