Nurul Rofika (2024) PENGEMBANGAN MULTIPLY CARDS BERBASIS DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SD NO 167 INPRES MALEWANG KABUPATEN TAKALAR.
Text
NURUL ROFIKA_JURNAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nurul Rofika, 2024. Pengembangan Multiply Cards Berbasis Digital Sebagai Media Pembelajaran Materi Perkalian Pada Siswa Kelas IV SD No 167 Inpres Malewang Kabupaten Takalar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, dan Siti Raihan). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Alessi & Trolip yang bertujuan untuk (1) mengembangkan produk multiply cards berbasis digital sebagai media pembelajaran materi perkalian pada siswa kelas IV SD No 167 Inpres Malewang Kabupaten Takalar dan (2) mengetahui kelayakan produk multiply cards berbasis digital sebagai media pembelajaran materi perkalian pada siswa kelas IV SD No 167 Inpres Malewang Kabupaten Takalar. Model Alessi and Trollip memiliki tiga atribut (1) standards, hal–hal penting yang diperhitungkan untuk menentukan kualitas produk, baik ditetapkan oleh pengembang maupun dari klien,(2) ongoing evaluation, evaluasi yang dilakukan secara terus menerus selama proses pengembangan berdasarkan standar yang telah ditetapkan, dan (3) project managemen, pengaturan terhadap berbagai sumber, model pengembangan ini juga memiliki tiga tahapan pengembangan, yakni: (a) planning, (b) desaign, dan (c) development. Untuk uji validitas multiply cards (uji alpha) dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media sedangkan subjek uji beta yaitu 1 guru wali kelas IV dan 14 siswa kelas IV SD No 167 Inpres Malewang Kabupaten Takalar. Hasil data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil skor kelayakan pada uji alpha pada ahli materi sebesar 92.50% (sangat layak) dan ahli media sebesar 97.22% (sangat layak) .Adapun hasil uji beta yang dilakukan oleh pengguna atau responden yaitu uji one to one dan 14 orang siswa serta 1 orang guru. Hasil akhir angket respon diperoleh persentase nilai 90.66% uji One To One dan 90.07% dari penilaian 14 orang siswa dan memperoleh nilai 94.66% dari penilaian guru dengan kategori kelayakan produk (sangat layak). Berdasarkan penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan ini sangat layak digunakan untuk siswa kelas IV SD. Kata Kunci : Multiply cards berbasis digital, Media pembelajaran, Materi perkalian.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:50 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:50 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36023 |
Actions (login required)
View Item |