PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SPF SD NEGERI SUDIANG

Nur Aqiilah (2024) PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V UPT SPF SD NEGERI SUDIANG.

[img] Text
Artikel Nur Aqiilah-PGSD.pdf

Download (631kB)

Abstract

Nur Aqiilah, 2024, Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V UPT SPF SD Negeri Sudiang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Nurhaedah) Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penggunaan media poster dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPAS Kelas V UPT SPF SD Negeri Sudiang, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar yang dicapai oleh siswa Kelas V UPT SPF SD Negeri Sudiang dalam pembelajaran IPAS setelah melakukan proses pembelajaran menggunakan media poster, (3) untuk mengetahui pengaruh media poster terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas V UPT SPF SD Negeri Sudiang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental tipe non-equivalent kontrol grup design. Hasil analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil deskriptif ditunjukkan dari hasil observasi keterlaksanaan penggunaan media poster pada pembelajaran mengalami peningkatan dari treatment-1 ke treatment-2 yang mendapatkan presentase sebesar 66,67% menjadi 93,33%. Hasil analisis inferensial menggunakan independent sampel t-test pada uji hipotesis diperoleh nilai probabilitas adalah 0.000 lebih kecil dari 0.05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) pembelajaran dengan menggunakan media poster berlangsung dengan sangat baik, (2) hasil tes siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS, (3) terdapat pengaruh penggunaan media poster terhadap hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Sudiang. Kata Kunci : Media Poster, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:10
Last Modified: 12 Sep 2024 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36020

Actions (login required)

View Item View Item