EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 21 TANGNGA-TANGNGA

SYIFA NURSABRINA WIJAYANTO (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 21 TANGNGA-TANGNGA.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (454kB)

Abstract

SYIFA NURSABRINA WIJAYANTO, 2024. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN 21 Tangnga-Tangnga. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rahmawati Patta dan Hamzah Pagarra) Penelitian ini mengkaji tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SDN 21 Tangnga-Tangnga. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS, perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata Pelajaran IPAS, serta keefektivan pembelajaran berdiferensiasi dalam kemajuan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 21 Tangnga-Tangnga sejumlah 29 orang. Sampel yang digunakan yaitu 29 orang berdasarkan teknik Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berlangsung dengan sangat baik, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berdasarkan hasil analisis statistic inferensial menunjukkan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 dimana nilai probabilitas sebesar 0,003 lebih kecil dari taraf α (0,003<0,05) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 21 Tangnga-Tangnga Kabupaten Bantaeng. Kata Kunci: efektivitas, berdiferensiasi, IPAS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:16
Last Modified: 12 Sep 2024 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36019

Actions (login required)

View Item View Item