PENGARUH MODEL PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPT SPF SD INPRES KELAPA TIGA I

Feby Rissa (2024) PENGARUH MODEL PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPT SPF SD INPRES KELAPA TIGA I.

[img] Text
ARTIKEL FEBY RISSA_FIP PGSD_200407501046.pdf

Download (357kB)

Abstract

Feby Rissa, 2024. Pengaruh Model Preview, Question, Read, Reflect, Recite, And Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V UPT SPF SD Inpres Kelapa Tiga I. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman dan Hardianto Rahman). Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di UPT SPF SD Inpres Kelapa Tiga I yaitu rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model PQ4R pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Kelapa Tiga I, (2) Untuk mengetahui gambaran keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Kelapa Tiga I, (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V UPT SPF SD Inpres Kelapa Tiga I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini yaitu Model PQ4R dan variabel terikatnya yaitu keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (VB) dan kelas kontrol (VA), teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi, dan tes. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian perlakuan, dan posttest kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IMB SPSS statistics version 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Model PQ4R berjalan dengan baik. (2) keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Model PQ4R menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest keterampilan membaca pemahaman siswa dari kategori kurang menjadi sangat baik. (3) terdapat pengaruh penerapan Model PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Kelapa Tiga I Kata kunci: Model PQ4R, keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:55
Last Modified: 12 Sep 2024 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36014

Actions (login required)

View Item View Item