Nada Andriani Putri (2024) ANALISIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD INPRES LIKULOE KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA.
Text
Artikel Nada Andriani Putri.pdf Download (150kB) |
Abstract
Nada Andriani Putri, 2024. Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sd Inpres Likuloe Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hikmawati Usman dan Hotimah) Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter siswa SD Inpres Likuloe Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru kelas I,II,III,IV,V dan VI SD Inpres Likuloe. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dan Teknik analisis datanya menggunakan model Huberman dan Miles. Hasil penelitian ini adalah Penerapan Profil pelajar Pancasila di SD Inpres Likuloe sudah cukup terlaksana dan diterapkan di beberapa program sekolah, karena guru-guru SD Inpres Likuloe berpendapat bahwa profil pelajar Pancasila penting dilakukan pada setiap pembelajaran di kelas, kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler dan diterapkan pada program-program yang dilakukan sekolah untuk membentuk karakter siswa. Karakter siswa SD Inpres Likuloe sudah mulai ada perubahan kearah yang lebih baik setelah penerapan profil pelajar Pancasila namun perubahan karakter siswa ini belum rata kepada semua siswa. Adapun upaya yang dilakukan sekolah dalam membentuk karakter beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, kreatif dan mandiri siswa yaitu dengan menerapkan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam setiap pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas, mengharuskan siswa untuk berbahasa Indonesia di lingkup sekolah, mandiri dalam mengerjakan tugas, ikut aktif dalam perlombaan, melaksanakan jumat ibadah, membiasakan budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dan peduli lingkungan. Faktor penghambat dari penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam membentuk karakter siswa di SD Inpres Likuloe yaitu kurangnya kemampuan guru dalam membuat modul ajar, penggunaan teknologi dan pemahaman yang lebih tentang penerapan profil pelajar Pancasila. Namun dengan adanya faktor pendukung dari guru dan pemerintah seperti melakukan pelatihan profil pelajar Pancasila dan dukungan dari orang tua siswa maka penerapan profil pelajar Pancasila dalam pembentukan karakter siswa perlahan dapat diterapkan dengan baik. Kata Kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Karakter siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:57 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 01:57 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36013 |
Actions (login required)
View Item |