PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mutiara Nuru Fuada Aco (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.

[img] Text
JURNAL MUTIARA NURUL FUADA ACO.pdf

Download (470kB)

Abstract

Mutiara Nuru Fuada Aco, 2024. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Sudut Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd., M.Pd dan Afdhal Fatawuri Syamsuddin, S.Pd., M.Ed). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menelaah tentang pengaruh penerapan AIR terhadap pemahaman konsep matematika materi sudut siswa kelas IV SDN Kompleks IKIP 1 Makassar. Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SDN Kompleks IKIP 1 Makassa yaitu rendahnya kemampunan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) pada siswa kelas IV sekolah dasar , (2) Untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa kelas IV pada materi sudut sesudah penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR, (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model auditory, intellectually, repetition (AIR) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi sudut siswa kelas IV sekolah dasar Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini kelas IV SDN Kompleks IKIP 1 Makassar dengan sampel kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Metode pengumpulan data adalah tes soal essay, lembar observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes essay berupa posttes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh p-value atau sig hitungnya lebih kecil dari yang ditentukan. Sehingga hal ini menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran AIR terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika kelas IV SDN Kompleks IKIP 1 Makassar. Kata Kunci : model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:51
Last Modified: 12 Sep 2024 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36012

Actions (login required)

View Item View Item