Adelia Syarifuddin (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SDN SUDIANG KOTA MAKASSAR.
Text
Artikel ADELIA SYARIFUDDIN.pdf Download (245kB) |
Abstract
Adelia Syarifuddin, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V SDN Sudiang Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Irfan dan Hardianto Rahman). Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Sudiang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menilai efektivitas model Team Games Tournament dalam meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas V; (2) Untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V; (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model pembelajaran Team Games Tournament Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Sudiang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitin eksperimen desain tipe Quasi Experimental Design dengan menggunakan dua subjek yakni kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V A sebagai kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial yang terdiri dari uji hipotesis dan penerapan independent sample t-test yaitu membandingkan posttest siswa kelas eksperimen dengan kelas control yang diolah menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic Versi 29.0. Gambaran penerapan model pembelajaran Team Games Tournamen menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA SDN Sudiang Kota Makassar, diterapkan dengan baik dan terlaksana sesuai dengan tahapan yang seharusnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik. Tingkat kemampuan pemahaman konsep IPA siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Team Games Tournamen menggunakan bahan ajar gamifikasi lebih meningkat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA siswa kelas eskperimen dari kategori kurang menjadi kategori sangat baik. Dan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Games Tournamen menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA SDN Sudiang Kota Makassar Kata kunci : Model Pembelajaran Team Games Tournament, Bahan Ajar Gamifikasi, Pemahaman Konsep, IPA
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:43 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 01:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36010 |
Actions (login required)
View Item |