PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDU-MONOPOLY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS IV UPT SPF SD NEGERI MANGASA KOTA MAKASSAR

FIRNA SARAH ARLISAH (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDU-MONOPOLY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS IV UPT SPF SD NEGERI MANGASA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ARTIKEL HASIL FINAL_FIRNA SARAH ARLISAH_200407500019.pdf

Download (960kB)

Abstract

FIRNA SARAH ARLISAH, 2024. Pengaruh Penerapan Metode Outdoor learning Berbantuan Media Edu-monopoly Terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas IV UPT SPF SD Negeri Mangasa Kota Makassar. Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Syamsuryani Eka Putri Atjo). Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya permasalahan mengenai minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran penerapan metode outdoor learning berbantuan media edu-monopoly, untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode outdoor learning berbantuan media edu-monopoly terhadap minat belajar siswa di kelas IV UPT SPF SD Negeri Mangasa Kota Makassar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan tipe the nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Negeri Mangasa Kota Makassar dengan jumlah siswa 42 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu IVA dengan jumlah 21 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan angket minat belajar siswa. Hasil analisis deskritif menunjukkan bahwa penerapan metode outdoor learning berbantuan media edu-monopoly berlangsung dengan baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independen sample t-test menunjukkan terdapat perbedaan hasil angket Post Non test kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti adanya peningkatan minat belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menerapkan metode outdoor learning berbantuan media edu-monopoly berlangsung dengan baik, (2) hasil skor angket siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran dimana persentase hasil skor angket siswa yaitu 81,95% dengan kategori baik , (3) terdapat pengaruh penerapan metode outdoor learning berbantuan media edu-monopoly terhadap minat belajar siswa di kelas IV UPT SPF SD Negeri Mangasa Kota Makassar. Kata Kunci : metode, outdoor learning, minat belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:46
Last Modified: 12 Sep 2024 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36009

Actions (login required)

View Item View Item