Putri Wahyuni (2024) PENGARUHPENERAPANMODELPEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE TWOSTAYTWOSTRAYTERHADAPHASILBELAJAR BAHASAINDONESIASISWAKELASIVSEKOLAH DASARNEGERITAMALANREA KOTAMAKASSAR.
Text
ARTIKEL.pdf Download (191kB) |
Abstract
Putri Wahyuni, 2024 . Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing Oleh Hardianto Rahman dan Hartoto). Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tamalanrea Kota Makassar. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tamalanrea Kota Makassar sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design dengan menggunakan dua subjek yakni kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Proses pengumpulan data dengan metode observasi, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat dinilai berpengaruh dalam proses pembelajaran dibandingkan menggunakan metode ceramah. Hal ini terlihat setelah diberikan materi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray mereka lebih antusias dan lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berdasarkan hasil pretest berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 44.79 dan hasil posttest berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 83.75. Sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol berdasarkan hasil pretest dan posttest berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata yang diperoleh masing-masing 44.60 dan 55.80. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan skor 0.000 atau kurang dari 0.05 disimpulkan bahwa Ho ditolak dan menerima Ha dan terdapat pengaruh yang signifikan yang baik terkait penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:38 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 01:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36007 |
Actions (login required)
View Item |