PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS III SD INPRES BAKUNG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Muhammad Akram (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SISWA KELAS III SD INPRES BAKUNG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
PJE_MUHAMMAD AKRAM.pdf

Download (624kB)

Abstract

Muhammad Akram, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas III SD Inpres Bakung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd dan Sayidiman, S.Pd., M.Pd). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle (IOC) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas III SD Inpres Bakung Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Fokus dari penelitian ini yaitu penerapan model inside outside circle dan hasil belajar siswa. Subjek dari Somba Opu Kabupaten Gowa pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle (IOC) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Inpres Bakung yang terdiri dari 6 langkah yaitu a) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3-4 orang. b) Setiap kelompok belajar mandiri, mencari informasi berdasarkan tugas yang diberikan. c) Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam. d) Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. e) Giliran siswa di lingkaran besar membagi informasi. Demikian seterusnya, sampai seluruhsiswa selesai berbagi informasi. f) Pergerakan akan dihentikan jika anggota kelompok lingkaran dalam dan luar sebagai pasangan asal bertemu kembali. Dari penerapan model tersebut, hasil belajar PKn siswa mengalami peningkatan. Kata Kunci : model inside outside circle, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:35
Last Modified: 12 Sep 2024 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36006

Actions (login required)

View Item View Item