Natasya Anugrah (2024) ANALISIS DIMENSI GOTONG ROYONG DALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KERJA SAMA SISWA KELAS V B SDN 007 SIDODADI KABUPATEN POLEWALI MANDAR.
Text
Natasya Anugrah artikel.pdf Download (213kB) |
Abstract
Natasya Anugrah, 2024. Analisis Dimensi Gotong Royong Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Meningkatkan Karakter Kerja Sama Siswa Kelas V B Sdn 007 Sidodadi Kabupaten Polewali Mandar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Khaerunnisa,S.Pd.I.,MA dan Dr.Faidah Yusuf, S.S.,M.Pd). Gotong royong merupakan salah satu kebiasaan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi dasar dalam pengembangan strategi pembelajaran yang efektif dalam peningkatan karakter siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan dimensi gotong royong dalam program P5 dalam meningkatkan karakter kerja sama siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V B, dan guru penggerak. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan penerapan dimensi gotong-royong dalam meningkatkan karakter kerja sama berjalan dengan baik, aktivitas yang dilakukan yaitu berkebun, membuat karya, dan juga pemilahan sampah. Terdapat beberapa faktor pendukung serta penghambat selama jalannya kegiatan. Disamping hal tersebut guru berupaya agar pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berjalan dengan lancar. Berdasarkan hasil analisis proses pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan penerapan dimensi gotong royong dalam peningkatan karakter kerja sama siswa berjalan dengan baik, siswa menunjukkan sikap kerja sama antar sesama sesuai dengan yang semestinya. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan karakter kerja sama siswa pada Penerapan dimensi gotong royong dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kata Kunci: Gotong Royong, Karakter Kerja Sama
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:32 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 01:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36005 |
Actions (login required)
View Item |