HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI SEKECAMATAN BONE KABUPATEN MUNA

Harfina (2024) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI SEKECAMATAN BONE KABUPATEN MUNA.

[img] Text
JURNAL_HARFINA.pdf

Download (978kB)

Abstract

Harfina, 2024, Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SD Negeri Sekecamatan Bone, Kabupaten Muna. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati dan Faidah Yusuf) Penelitian ini menganalisis tentang hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan memahami hubungan yang mungkin ada antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru di SD Negeri Sekecamatan Bone, Kabupaten Muna. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian Korelasional. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru di SD Negeri Sekecamatan Bone. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Gambaran gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Sekecamtan Bone, Kabupaten Muna berada pada kategori baik, 2) Gambaran kinerja guru di SD Negeri Sekecamatan Bone, Kabupaten Muna berada pada kategori baik, 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan derajat hubungan yang berkorelasi sedang antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Sekecamatan Bone, Kabupaten Muna. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Kinerja Guru

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:27
Last Modified: 12 Sep 2024 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36003

Actions (login required)

View Item View Item