PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK DI TK MENTARI BONTOA

Nurhalizah Dwi Putri (2024) PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK DI TK MENTARI BONTOA.

[img] Text
101-107.pdf

Download (144kB)

Abstract

Nurhalizah Dwi Putri. 2021, Pengaruh Metode Bercerita Melalui Media Gambar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Di TK Mentari Bontoa. Skripsi dibimbing oleh Rusmayadi dan Muhammad Yusri Bachtiar, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh metode bercerita melalui media gambar terhadap kemampuan keaksaraan anak di TK Mentari Bontoa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B di Taman Kanak-Kanak Mentari Bontoa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non-parametrik. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan keaksaraan anak sebelum di berikan pembelajaran dengan metode bercerita melalui media gambar, dan setelah di berikan pembelajaran dengan metode bercerita melalui media gambar mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut dibuktikan dari hasil uji sampel tes (Pretest dan Posttest) yaitu diperoleh nilai T hitung > T table dan nilai Z hitung > Z tabel = H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa pembelajaran dengan media kantong bilangan menggunakan bahan bekas berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak. Kata kunci : Metode bercerita, media gambar, kemampuan keaksaraan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:25
Last Modified: 12 Sep 2024 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36002

Actions (login required)

View Item View Item