Sulfiani Salma (2024) PENGARUH PERMAINAN ROOL DICE CHALLENGE TERHADAP LITERASI AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN POLOMBANGKENG UTARA.
Text
643-Article Text-1815-2-2-20240322.pdf Download (372kB) |
Abstract
Sulfiani Salma, 2024. Pengaruh Permainan Roll Dice Challenge Terhadap Literasi Awal Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Polombangkeng Utara. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syamsuardi, Herlina). Penelitian ini didasari oleh rendahnya literasi awal anak yang disebabkan kurangnya media pembelajaran yang menarik dan mendorong minat belajar anak serta penggunaan metode belajar yang kurang tepat dalam mengajarkan literasi kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan roll dice challenge terhadap literasi awal anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Polombangkeng Utara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di lembaga pendidikan anak usia dini di Kecamatan Polombangkeng Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 34 anak, 17 anak sebagai kelompok eksperimen dan 17 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat dan uji independen sampel t-test. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan roll dice challenge memiliki pengaruh yang signifikan terhadap literasi awal anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Polombangkeng Utara. Kata Kunci: Permainan roll dice challenge, literasi awal,media dadu
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:17 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 01:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35999 |
Actions (login required)
View Item |