Siska Handayani (2024) PENGEMBANGAN WESBITE BIMBINGAN TUGAS AKHIR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
ARTIKEL_SISKA HANDAYANI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Siska Handayani. 2024. Pengembangan Website Bimbingan Tugas Akhir Pada Masa Pandemi Covid-19 di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Abd. Haling, M. Pd. dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penyebaran virus covid-19 di Indonesia membuat semua kegiatan dilakukan dari rumah termasuk dibidang pendidikan. Untuk menghadapi hal tersebut semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring, begitupun dengan proses bimbingan tugas akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui tingkat kebutuhan website bimbingan tugas akhir pada masa pandemi covid-19 di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 2) Mengetahui desain website bimbingan tugas akhir pada masa pandemi covid-19 di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 3) Mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan website bimbingan tugas akhir pada masa pandemi covid-19 di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model 4d (define, design, development, disseminate) yang dilakukan di Program Studi Teknoogi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Website bimbingan tugas akhir dikembangankan dengan acuan Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang vaidator yaitu validator media dan vaidator isi, mahasiswa teknologi pendidikan yang sedang bimbingan tugas akhir berjumlah 25 orang, serta 1 orang dosen pembimbing tugas akhir. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi media dan desain, angket validasi isi dan materi, angket respon mahasiswa, serta angket tanggapan dosen pembimbing tugas akhir. Hasil validasi media dan desain serta validasi isi dan materi berada pada kualifikasi baik. Uji coba kepraktisan yang dilakukan terhadap mahasiswa dan dosen pembimbing tugas akhir berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa website bimbingan tugas akhir yang dikembangkan valid dan praktis digunakan pada proses bimbingan tugas akhir dan dapat digunakan dalam jangka panjang meskipun sudah tidak dalam kondisi pandemi covid-19. Kata Kunci: Website, Bimbingan Tugas Akhir, Covid-19
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:44 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35994 |
Actions (login required)
View Item |