MPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 BULUKUMBA

PRAYOGA SAPUTRA (2024) MPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 BULUKUMBA.

[img] Text
2411. Letter Of Acceptance (LoA) - Penulis -Prayoga Saputra, Pattaufi, Merrisa Monoarfa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3230-Article Text-13146-1-10-20240708.pdf

Download (237kB)

Abstract

PRAYOGA SAPUTRA, 2024. Implementasi Full Day school sebgai Pembentukan Karakter siswa di SMA Negeri 2 Bulukumba. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Pattaufi dan Merrisa Monoarfa) Penelitian ini implementasi full day school sebagai pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 2 Bulukumba. Fokus masalah adalah implementasi full day school sebagai pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 2 Bulukumba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi full day school sebagai pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 2 Bulukumba. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakil kepala sekolah kurikulum, wakil kepala sekolah kesiswaan, guru, dan siswa SMA Negeri 2 Bulukumba serta orangtua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, display data dan verifikasi data. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa SMA Negeri 2 Bulukumba telah mengimplementasikan full day school sebagai pembentukan karakter siswa. Pengimplementasian full day school diantaranya sistem pembelajaran inovatif yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik; Penerapan sistem bimbingan belajar untuk pemenuhan nilai pendidikan karakter yang meliputi rasa ingin tahu, kerja keras dan komunikatif; Pelajaran ekstrakurikuler yang meliputi pramuka, PMR, paskib, olahraga dan kesenian; Pengintegrasian nilai karakter pada mata pelajaran yang meliputi 18 nilai pendidikan karakter Kemendiknas, dan program budaya sekolah dilakukan sebagai pembiasaan dari semua warga sekola yang meliputi literasi Al-Qur’an, Dzikir bersama, Sholat wajib, sedekah jum’at dan kedisiplinan. Dengan program budaya sekolah orangtua merasakan perubahan yang dialami anaknya seperti sikap anaknya menjadi lebih taat dalam hal keagamaan dan lebih lancar dalam memebaca Al-Qur’an, dengan demikian dapat membentuk karakter siswa pada aspek religius. Oleh karena itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa implementasi full day school dapat membentuk karakter peserta didik yang meliputi nilai-nilai pendidikan karakter Kemendiknas dengan berbagai cara serta kegiatan di sekolah tersebut. Kata kunci: Full Day School, Pembentukan karakter siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:36
Last Modified: 10 Sep 2024 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35993

Actions (login required)

View Item View Item