Rahmawati (2024) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL MATERI INTERNET DAN RUANG KELAS UNTUK GURU SMP DI KECAMATAN BUNGAYA KABUPATEN GOWA.
Text
ARTIKEL Rahmawati 1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rahmawati, 2024. Pengembangan Buku Digital Materi Internet dan Ruang Kelas untuk Guru SMP di Kacamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh: Dr. Arnidah, S.Pd., M.Si dan Merrisa Monoarfa, S.Pd., M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah produk sehingga dapat meningkatkan kualitas, inovasi, dan mendukung kelengkapan sumber belajar dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan tingkat kebutuhan terhadap Buku Digital Materi Internet dan Ruang Kelas untuk Guru SMP di Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa, 2) Mendesain pengembangan produk Buku Digital Materi Internet dan Ruang Kelas untuk Guru SMP di Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa, 3) Mengukur tingkat validitas dan kepraktisan Buku Digital Materi Internet dan Ruang Kelas untuk Guru SMP di Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan model Pengembangan Borg and Gall. Penelitian dilakukan di Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bungaya. Subjek dalam penelitian ini yaitu 2 orang validator yaitu, validator isi dan media, Guru SMP di Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa dan 1 orang fasilitator/pengajar materi kurikulum Tular Nalar. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Hasil Identifikasi tingkat kebutuhan guru adalah melakukan wawancara analisis hasil kebutuhan. 2) Mendesain buku digital pada materi internet dan ruang kelas di desain menggunakan aplikasi Flip PDF Professional dan di nilai menggunakan angket validasi isi, angket validasi media, angket respon guru dan angket tanggapan fasilitator/pengajar materi kurikulum Tular Nalar. 3) Hasil validasi produk buku digital oleh validator ahli materi/isi dan validator media berada pada kualifikasi valid dan sangat baik. Hasil uji coba kepraktisan dilakukan dua sasaran pengguna yaitu respon Guru berada pada kualifikasi baik dan tanggapan fasilitator/pengajar Materi Kurikulum Tular Nalar berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa buku digital materi internet dan ruang kelas sudah valid dan praktis. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Digital, Internet dan Ruang Kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:32 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35992 |
Actions (login required)
View Item |