Andi Zulfadilah Kaharuddin (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL WORDWALL BERBASIS WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR.
Text
ARTIKEL-ANDI ZULFADILAH KAHARUDDIN-200407511003.pdf Download (329kB) |
Abstract
Andi Zulfadilah Kaharuddin, 2024. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Wordwall Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad dan Andi Dewi Riang Tati). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran menggunakan media audio visual Wordwall berbasis web, (2) mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS, dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual Wordwall berbasis web terhadap motivasi belajar pada muatan pembelajaran IPS siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design dan menggunakan model bentuk pretest – posttest control group design. Variabel penelitian ini adalah media audio visual Wordwall berbasis web dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statitsik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney. Dilakukan uji Mann-Whitney karena terdapat salah satu data yang tidak berdisribusi normal dan tidak homogen. Hasil analisis deskriptif penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan media audio visual Wordwall berbasis web berlangsung sangat baik. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai sig(2-tailed) sebesar 0.024<0,05 sehingga hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Saat penggunaan media audio visual Wordwall berbasis web, siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Hal ini terlihat dari siswa yang terlibat secara aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual Wordwall berbasis web di kelas V UPTD SDN 4 Barru terlaksana dengan sangat baik, (2) motivasi belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS mengalami peningkatan, (3) terdapat pengaruh yang signifikan setelah penggunaan media audio visual Wordwall berbasis web terhadap motivasi belajar pada muatan pembelajaran IPS siswa kelas V UPTD SDN 4 Barru Kata Kunci : Media audio visual, Wordwall, motivasi belajar, pembelajaran IPS
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:04 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35988 |
Actions (login required)
View Item |