EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (TARI LOPI PENGE ) PADA KELAS VIII DI SMP TELKOM MAKASSAR

MULIANI, MULIANI (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (TARI LOPI PENGE ) PADA KELAS VIII DI SMP TELKOM MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL ANI - Muliani ii.pdf

Download (192kB)

Abstract

Pembelajaran tari tradisional merupakan salah satu cara yang dilakukan sebagai pemberdayaan budaya dalam bentuk tarian. Salah satunya adalah tari Lopi Penge, dengan salah satu cara yaitu memberikan pembelajaran di sekolah bisa menjadi pilihan yang dilakukan sebagai tindak pemberdayaanya. metode belajar yang dilakukan cukup bervariatif namun dalam kegiatan praktek metode tutor sebaya sering dijadikan pilihan utama dalam belajar menari. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu, (1)Menganalisis Proses Belajar Siswa dengan menggunakan Metode Tutor Sebaya dalam pembelajaran tari tradisional Lopi Penge pada kelas VIII di SMP Telkom Makassar. (2)Mendeskripsikan Prestasi Belajar Siswa dengan menggunakan Metode Tutor Sebaya dalam pembelajaran tari tradisional Lopi Penge pada kelas VIII di SMP Telkom Makassar. Pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian yaitu siswa dan siswi kelass VIII B serta guru mata pelajaran seni budaya. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1)Proses belajar yang efisien terhadap penggunaan metode tutor sebaya dalam pelajaran tari lopi penge yang dilakukan oleh siswa dan siswi kelas VIII B di SMP Telkom Makassar. Hal ini ditunjukan dengan proses belajar yang memberikan dampak selain dalam bidang akademi juga berupa interaksi sosial, kolaborasi belajar dan juga pengembangan karakter serta kemampuan siswa dan siswi. (2)Prestasi belajar yang meningkat atas penggunaan metode tutor sebaya dalam pelajaran tari lopi penge yang dilakukan siswa dan siswi kelas VIII B di SMP Telkom Makassar. Hal ini ditunjukan berdasar hasil pengukuran yang dilakukan peneliti pada setiap akhir pertemuan atau disebuat evaluasi akhir, siswa dan siswi mampu mendapatkan nilai yang sangat baik dalam taraf A, sehingga prestasi atau hasil belajar dikatakan berhasil. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Tutor Sebaya, Tari Lopi Penge.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 11 Sep 2024 14:29
Last Modified: 11 Sep 2024 14:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35981

Actions (login required)

View Item View Item