IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI

Tawil, Muhammad (2013) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI. UPT PEPUSTAKAAN UNM, Pendidikan Fisika UNM.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN HIBAH BERSAING 2023.pdf

Download (6MB)

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI Implementasi model PFBP diharapkan siswa memperoleh manfaat ganda, yakni 1) pemahaman dan penguasaan materi fisika, dan 2) peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, yakni keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. Untuk mecapai target tersebut telah dilakukan implementasi PFBP pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Gowa. Implementasi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua sintak PFBP terlaksana dengan baik. Implementasi model pembelajaran fisika berbasis portofolio didapatkan bahwa N-Gain keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif siswa yang mengikuti PFBP dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Tanggapan guru dan siswa terhadap perangkat pembelajaran dan pelaksanaan PFBP sangat positif.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 04 Sep 2024 14:23
Last Modified: 04 Sep 2024 14:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35964

Actions (login required)

View Item View Item