PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MICROLEARNING PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

NINING SRI HASTUTI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MICROLEARNING PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Skripsi Nining Sri Hastuti.pdf

Download (133kB)

Abstract

NINING SRI HASTUTI, 2024, Pengembangan E-Modul Berbasis Microlearning Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. dan Merrisa Monoarfa, S.Pd., M.Pd. Program Studi Teknlogi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran saat ini yaitu mahasiswa belum mempunyai referensi seperti e-modul interaktif maka dari itu peneliti mengembangkan e-modul kapita selekta pendidikan dengan tujuan untuk: 1) menganalisis tingkat kebutuhan e-modul 2) mendesain e-modul 3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan e-modul. Adapun model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di program Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, 1 dosen pengampu mata kuliah. Subjek penelitian ini yakni 2 orang validator yaitu validator isi dan media. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli media dan ahli isi/materi, tanggapan dosen pengampu mata kuliah, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat kebutuhan mahasiswa berada pada kualifikasi 86% dibutuhkan, identifikasi kebutuhan dosen pengampu berada pada kualifikasi 100% sangat dibutuhkan. Desain yang digunakan dalam membuat e- modul yakni canva dengan output berupa tautan link.html yang mudah diakses oleh mahasiswa.. Hasil validasi ahli isi dan ahli media berada pada kualifikasi 91% dan 97%. Hasil uji coba kepraktisan pada mahasiswa dan dosen pengampu berada pada kualifikasi 88% dan 93%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah kapita selekta pendidikan. Kata Kunci :Pengembangan, E-Modul, Kapita Selekta Pendidikan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:21
Last Modified: 26 Aug 2024 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35943

Actions (login required)

View Item View Item