PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SPF SDN 49 BORONG RAPPOA KABUPATEN BULUKUMBA

ITA MAHBUBAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SPF SDN 49 BORONG RAPPOA KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
857-Jurnal+Ita+Mahbubah+81-90.pdf

Download (400kB)

Abstract

ITA MAHBUBAH, 2024, Pengaruh Penerapan Model pembelajaran discovery learning terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN 49 Borong Rappoa Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman dan Hardianto Rahman). Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di UPT SPF SDN 49 Borong Rappoa Kabupaten Bulukumba yaitu rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran discovery learning kelas V UPT SPF SDN 49 Borong Rappoa Kabupaten Bulukumba, (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa UPT SPF SDN 49 Borong Rappoa Kabupaten Bulukumba, (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN 49 Borong Rappoa Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Varibael bebas penelitian ini yaitu model pembelajaran discovery learning dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB), teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu pre-test, pemberian perlakuan, dan post-test kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IMB SPSS statistics version 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan sintaks simulation (pemberian rangsangan), problem statement (identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolaan data), verification (pembuktian) dan generalization (menarik kesimpulan) berjalan dengan baik. (2) hasil belajar IPA siswa pada pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest hasil belajar IPA siswa dari kategori kurang menjadi sangat baik. (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN 49 Borong Rappoa Kabupaten Bulukumba. Kata kunci: Model pembelajaran discovery learning, hasil belajar IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:06
Last Modified: 26 Aug 2024 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35941

Actions (login required)

View Item View Item