PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI ANASSAPPU KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

Islamiah Ramadhani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI ANASSAPPU KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Artikel MIAA (2).pdf

Download (865kB)

Abstract

Islamiah Ramadhani, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas V SD Negeri Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Dr.Widya Karmila Sari A, M.Pd dan Dr.Andi Makkasau, M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Iinside Outside Circle (lingkaran kecil-lingkaran besar) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V SD Negeri Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pemaparan data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif pada murid kelas V SD Negeri Anassappu Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Data Analisis Hasil Belajar Siswa, analisis ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sehingga tercapai nilai KKM yang ditentukan pada mata pelajaran IPS yaitu 75. Data hasil belajar siswa pada siklus I dari 30 siswa kelas V SD Negeri Anassappu hanya terdapat 13 orang siswa yang mendapatkan ketuntasan belajar. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar berjumlah 17 siswa dan hasil belajar siswa pada siklus II dari 30 siswa kelas V SD Negeri Anassappu terdapat 27 orang siswa yang mendapatkan ketuntasan belajar. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar berjumlah 3 siswa. Oleh karena itu persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai target yaitu 80%, maka hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Anassappu pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) telah meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2024 00:34
Last Modified: 23 Aug 2024 00:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35939

Actions (login required)

View Item View Item