PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ATIKA KABUPATEN TAKALAR

Nur Auliah.B (2024) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ATIKA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
2824-Article Text-11600-1-10-20240605.pdf

Download (406kB)

Abstract

Nur Auliah.B, 2024. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Menggunakan Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Usia 5-6 Tahun Di Paud Atikakabupaten Takalar. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Rusmayadi dan Muhammad Yusri Bachtiar). Penelitian ini bertujuan untuk menetahui Model Guided Discovery Learning Menggunakan Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Usia 5-6 Tahun Anak Usia Dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 orang anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 anak dengan pembagian 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan 5 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Kemampuan Mengenal Bilangan anak untuk kelompok eksperimen menunjukkan bahwa sebesar -2,041 dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,041 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan Kemampuan Mengenal Bilangan anak pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Mengenal Bilangan anak yang diberi perlakuan Model Guided Discovery Learning Menggunakan Media Kartu Angka pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpilkan bahwa Model Guided Discovery Learning Menggunakan Media Kartu Angka memberikab pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan anak usia 5-6 tahun di PAUD Atira Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:39
Last Modified: 22 Aug 2024 07:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35938

Actions (login required)

View Item View Item