PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI MTS NEGERI 2 MAKASSAR

Nur Istiqamah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI MTS NEGERI 2 MAKASSAR.

[img] Text
25960-Article Text-85630-1-10-20240308 (Nur Istiqamah).pdf

Download (259kB)

Abstract

Nur Istiqamah. 2023. Pengembangan Media Komik Digital Untuk Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Di MTs Negeri 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Proses pembelajaran yang masih sangat didominasi menggunakan bahan ajar cetak, metode pembelajaran yang satu arah serta minat baca siswa yang rendah menyebabkan kurangnya daya tarik dan pemahaman siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia. Oleh karena itu perlu inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan media komik digital. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat kebutuhan media komik digital, 2) Mendesain media komik digital, 3) Mendeskripsikan tingkat validitas dan kepraktisan media komik digital untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di MTs Negeri 2 Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Makassar. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang validator yaitu ahli media dan ahli materi, siswa kelas VII sebanyak 30 orang, dan 1 guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini yakni: 1) Analisis kebutuhan siswa dan wawancara guru menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan adanya pengembangan media komik digital, 2) Media komik digital yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva, 3) Tingkat kevalidan media komik digital berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi berada pada kualifikasi sangat valid, dan tingkat kepraktisan media komik digital yang telah diuji cobakan pada siswa perorangan dan kelompok, serta hasil tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa media komik digital untuk mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di MTs Negeri 2 Makassar valid dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:34
Last Modified: 22 Aug 2024 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35937

Actions (login required)

View Item View Item