PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V UPT SPF SDN MANGKURA V KOTA MAKASSAR

Amrah and Erma Suryani Sahabuddin (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V UPT SPF SDN MANGKURA V KOTA MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agung Velayati Syam, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPT SPF SDN Makura V Kota Makassar. Skripsi. Program Pendidika Guru Sekolah Dasar (PGSD). Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universiistas Negeri Makassar (dibimbing Oleh Amrah dan Erma Suryani Sahabuddin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) pada mata pelajaran IPA di Kelas V UPT SPF SDN Mangkura V Kota Makassar (2) gambaran hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) di Kelas V UPT SPF SDN Mangkura V Kota Makassar (3) pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning (RBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V UPT SPF SDN Mangkura V Kota Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre�eksperimental dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran Resource Based Learning. Model pembelajaran Resource Based Learning merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar karena memanfaatkan berbagai sumber belajar dalam proses pembelajarannya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes soal pilihan ganda (multiple choice) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan Teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai tes awal (pretest) siswa yaitu dengan rata-rata 49,44 (berada pada kategori kurang) dan mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan (posttest) yaitu dengan rata-rata 71,66 (berada pada kategori baik). Hail analisis statistik Sample T-test menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN Mangkura V Kota Makassar antara sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran resource based learning. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Model pembelajaran Resource Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN Mangkura V Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:22
Last Modified: 22 Aug 2024 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35934

Actions (login required)

View Item View Item