PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS VI SDN 012 KARAMA KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Nurhaedah and Suarlin (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TEMATIK KELAS VI SDN 012 KARAMA KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
Artikel Ahmad Marwansyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Marwansyah, 2023. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Kelas VI SDN 012 Karama Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Nurhaedah dan Suarlin). Penelitian ini memiliki dua tujuan, tujuan pertama untuk menggambarkan penggunaan media animasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas VI SDN 012 Karama Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, tujuan kedua untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas VI SDN 012 Karama Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Independent sample T- Test. Hasil penelitian diproleh bahwa penggunaan media animasi pada proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik yang diketahui dari persentase lembar observasi pada siswa dan guru di dalam kelas sebesar 94%. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari kategori kurang menjadi kategori baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kedua kelompok yaitu P= 0,002 lebih kecil dari α= 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui analisis deskriptif dan inferensial pada kelas kontrol dan eksperimen terdapat pengaruh peningkatan lebih tinggi pada kelas yang menggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Tematik kelas VI SDN 012 Karama Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Kata Kunci : Media Pembelajaran animasi, hasil belajar siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:38
Last Modified: 21 Aug 2024 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35930

Actions (login required)

View Item View Item