PERANCANGAN POSTER ANTI HOAX BERBASIS SOSIAL MEDIA

MARRAHMAH, MARDIANTY (2023) PERANCANGAN POSTER ANTI HOAX BERBASIS SOSIAL MEDIA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal_Mardianty Marrahmah_1986141022 - Marmar Haleen.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh begitu maraknya penyebaran hoax di media internet di era modern. Kemudahan untuk mendistribusikan pesan membuat setiap orang dapat menerima informasi tanpa melalui mekanisme penyaringan. Fenomena ini membawa resiko bagi masyarakat. Resiko dapat dikurangi jika menggunakan media yang dinilai paling efektif, yakni poster. Peneliti menggunakan metode design thinking sebagai acuan dalam melakukan perancangan poster. Metode ini dilakukan dengan melalui empat tahap, yakni (1) Emphatize; (2) Define; (3) Ideate; dan (4) Prototype. Pada tahap-an Emphatize, Peneliti menggunakan dua teknik pelengkap dan pengumpulan data, yakni: observasi dan wawancara. Pada tahap tersebut, peneliti memerhatikan fenomena yang terjadi secara personal dan atau juga melalui rekanan peneliti kemudian dipilihlah beberapa orang yang diyakini dapat merepresentasikan usia lahir target audiens. Hasil perancangan ini yaitu poster kreatif anti hoax berbasis sosial media. Berlandaskan respon target audiens yang berpendapat bahwa hoax merupakan senjata, peneliti merancang konsep visual perlawanan hoax dengan senjata, adapun yang ditembakkan adalah fakta. Penelitian ini menyingkap fakta bahwa desain yang ringkas dan menonjolkan pesan utama akan lebih mudah diserap oleh audiens. Kata Kunci : Poster, Design Thinking, Hoax

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:38
Last Modified: 21 Aug 2024 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35923

Actions (login required)

View Item View Item